Parenting Tentang Pola Asuh Positif Orang Tua Bersama KKN IPMAFA Desa Mojolampir



Tim KKN Ipmafa Desa Mojolampir kembali mengadakan kegiatan positif bagi masyarakat desa Mojolampir Jaken Pati. Mereka menyelenggakaran Parenting tentang Pengasuhan Positif Orang Tua dalam Mendidik Anak Usia Dini (8/9/2018). Acara yang bertempat di balaidesa Mojolampir ini diikuti oleh 58 orang tua dari siswa Kelompok Bermain (KB) dan RA.

Tujuan penyelenggaraan ini untuk memberikan sosialisasi tentang pentingnya peran orang tua dalam mendidik dan mengawal tumbuh kembang anak mulai dari usia belia hingga usia dewasa.

Mahasiswa juga menampilkan video motivasi kepada peserta untuk menanamkan nilai-nilai sosial kepada masyarakat. Video tersebut menceritakan semangat seorang ayah yang membesarkan anaknya yang cacat. Dengan jerih payahnya, sebagai orang tua tunggal yang mewujudkan impian anaknya yang ingin menjadi seorang atlit profesional dengan mengikuti perlombaan internasional. Bahkan, anak tersebut bisa menjadi seorang Doktor muda walaupun dengan keterbatasan fisiknya. 

Malihatin SPd sebagai narasumber menyampaikan bahwa segala sesuatu bisa terjadi, cita-cita anak didik bisa terwujud, dan anak dalam keluarga adalah prioritas. Kemudian lingkungan yang terkecil dan paling memberikan pengaruh adalah keluarga. “Apa yang kita lakukan akan ditiru oleh anak. Karena kita orang tua adalah seorang model bagi anak.” tuturnya. Untuk lebih jelasnya, diperlihat juga sebuah video yang memperlihatkan tentang bagaimana perilaku orang tua selalu dilihat dan ditiru oleh putra-putrinya sekaligus membangun karakter hingga ia dewasa nantinya.

 Respon peserta cukup antusias terutama anak-anak yang selalu memperhatikan apa yang disampaikan narasumber dan bersemangat karena pembawaan narasumber yang ceria, bersahabat dan selalu bersemangat menyampaikan materi. Didukung dengan materi visual, audio-visual yang menarik minat peserta dalam mengikuti kegiatan tersebut. Dalam forum itu juga diberikan kuis bagi anak yang berani maju kedepan dan menyanyikan lagu anak-anak dan diberikan hadiah berupa buku-buku seperti buku mewarnai, buku belajar agama dan buku gambar.

No comments :

Post a Comment