Pembekalan DPL KKN Tahun 2019



LPPM IPMAFA selalu menyiapkan program KKN secara serius demi tercapainya visi-misi KKN dalam menggarap sejumlah pilar pembangunan meliputi ekonomi, pendidikan, kesehatan dan lingkungan. Terlebih lagi tahun ini ada program pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh DPL selama membimbing mahasiswa KKN di lokasi. Program pengabdian tersebut terintegrasi dengan kegiatan KKN dan harus terpublikasi dalam laporan pengabdian masyarakat.


Untuk itu, LPPM IPMAFA melalui panitia KKN tahun 2019 melakukan pembekalan dosen pembimbing lapangan (DPL) di aula kampus IPMAFA (25/06/2019). Pembekalan yang diikuti oleh seluruh calon DPL dan tim Monev ini membahas tentang semua persiapan yang tugas-tugas yang harus dilakukan seorang DPL selama kegiatan KKN berlangsung.


Sebelum pembekalan teknis DPL, dilakukan workshop tentang pengabdian kepada masyarakat (PkM) dengan narsumber DR. H. Ali Imron SAg,SH,MAg, Kepala PPM-LP2M UIN Walisongo Semarang. Workshop PKM ini membahas tentang model-model PkM, teknik penyusunan proposal, dan pendalaman konsep program PkM yang bisa dilakukan oleh seorang dosen.


Ali Imron menyampaikan bahwa program PkM memiliki prinsip-prinsip dasar yang harus dipenuhi yaitu berbasis kewilayahan, hasil riset, sesuai permasalahan dan kebutuhan masyarakat, bersinergi dan bermitra, kegiatan terstruktur, target luaran jelas, berkelanjutan, tuntas dan bernilai.

No comments :

Post a comment