KKN Ipmafa Desa Kembang Bina UMKM Jamu Tradional


Kembang - KKN Ipmafa Desa Kembang melakukan pemberdayaan ekonomi masyarakat dengan membina UMKM di Desa Kembang. Sabtu (27/7/19). Dalam hal ini, tim KKN bermitra dengan pelaku usaha Kunyit Asam. Kunyit Asam Murni merupakan jamu tradisional yang diproduksi oleh ibu rumah tangga di Desa Kembang yang sering ramaikan pasar senja Ngagel, Dukuhseti, Pati.

Usaha yang dirintis dari sekedar percobaan pembuatan jamu traditional untuk pribadi dan berjalannya waktu ada yang mencoba dan menyukainya serta diteruskan sehingga memiliki konsumen tetap yang semakin bertambah. Namun sayangnya usaha rumahan ini belum memiliki label produksi dan packaging yang masih sangat sederhana dengan memanfaatkan botol bekas air mineral untuk pengemasannya. Selain itu belum memiliki perizinan sehingga menjadi kendala produksi untuk lebih memperluas pasar dan meningkatkan pendapatan. 

Kendala ini menjadi perhatian khusus Tim KKN IPMAFA untuk mendorong produksi kunyit Asam lebih meluas lagi pasarnya, dan mampu menambah penghasilan keluarga. KKN Kembang Arum mendorong Produksi Kunyit Asam dengan pembuatan label. Dengan begitu produk jamu Kunyit Asam Murni bisa ramaikan pasar senja Ngagel dan menjangkau pasar yang lebih luas.

Meski pembinaan usaha Kunyit Asam masih butuh proses untuk sampai pada perizinan usaha dengan tetap mempertimbangkan betul bagaimana keberlangsungan akses pelaku usaha kedepannya. Namun dengan keunikan rasa, penyajian yang baik menjadi penguat UMKM ini untuk lebih maju lagi. 




Posting Komentar

0 Komentar