Mahasiswa KKN IPMAFA Observasi di Kecamatan Cluwak & Dukuhseti


Mahasiswa KKN IPMAFA tahun 2019 secara masif melakukan observasi di dua kecamatan wilayah Pati Utara yaitu Kec Cluwak dan Dukuhseti. Peserta KKN mulai menyebar ke berbagai desa dengan didampingi para DPLnya masing-masing. Observasi tersebut dilakukan secara intens dari tanggal 4 sampai 14 Juli 2019.

Dengan observasi lapangan ini, mahasiswa KKN akan menggali data dan informasi terkait potensi wilayah dan masyarakat di daerah setempat yang selanjutnya akan diolah menjadi program kerja KKN. Harapannya, program KKN oleh mahasiswa dapat mengena sasaran sesuai potensi dan masalah yang terjadi di desa KKN.

Setelah kegiatan observasi, mahasiswa akan melaporkan rencana program KKN tersebut kepada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IPMAFA. Kemudian mereka  menetap (live in) selama 6 minggu di desa KKN untuk menjalankan program kerja yang telah dibuat.

Observasi wajib dilakukan oleh mahasiswa KKN IPMAFA minimal tiga kali meliputi penggalian data dasar desa seperti monografi, profil desa dan masyarakat, pendalaman stakeholder untuk melakukan FGD, dan penetapan program kerja yang melibatkan berbagai pihak.

Program KKN IPMAFA ini memiliki konsep dan cirikhas yang berbeda karena menekankan pemberdayaan komunitas dalam beberapa pilar meliputi pembangunan ekonomi mikro, pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan sosial keagamaan.

Pada akhirnya, KKN IPMAFA diharapkan dapat mendorong kemandirian masyarakat dan menjadi masyarakat yang maju dan berkembang.






No comments :

Post a comment