Presentasi Program KKN, Mahasiswa KKN Ditantang Sajikan Data Yang Lengkap dan Rigit


Pati, (15-16 Juli 2019), Menjelang penerjunan KKN, mahasiswa diberi dua hari untuk melaporkan temuan-temuannya dalam observasi yang selanjutnya dipresentasikan kepada tim Monitoring & Evaluasi KKN. Presentasi dibentuk dalam format program kerja sesuai dengan masalah dan potensi di desa KKN.

Dalam presentasinya, salah satu kelompok KKN yaitu desa Kembang Arum berkesempatan diuji oleh Dr Dimyati MAg didampingi Isyrokh Fuaidi selaku panitia KKN dan Raodah MA selaku DPL. Presentasi Program yang berlangsung di ruang meeting memiliki tantangan tersendiri bagi para mahasiswa KKN. 

Dalam paparannya, tim KKN Kembang Arum sudah melakukan FGD dengan tokoh masyarakat setempat sehingga program yang dibuat dapat dipresentasikan. Program tersebut juag tidak hanya dibuat untuk melengkapi kegiatan KKN selama 45 hari kedepan, tetapi program muncul dari potensi dan kondisi di masyarakat. 

Pemaparan program dilengkapi dengan data yang real, terukur, terencana dan rigit. Dari tim penguji juga menyampaikan bahwa program keberlanjutan bagi masyarakat harus difikirkan mahasiswa meliputi bagaimana keberlangsungannya bagi masyarakat setelah KKN selesai. Di akhir sesi, Isyrokh Fuaidi selaku panitia KKN berpesan bahwa bukan dari kepintaran atau kecerdasan tapi kekompakan agar program KKN sukses.

No comments :

Post a comment