Garap Pemberdayaan Ekonomi, KKN Ipmafa Gerakkan Kelompok Ternak Desa Kembang


KKN Ipmafa Desa Kembang melakukan pemberdayaan ekonomi melalui komunitas Kelompok Ternak Lembu. Tim KKN bernama Kembang Arum ini mengikuti rapat rutin kelompok (7/8/19) yang dihadiri Kelapa Desa Kembang, PPl Kec. Dukuhseti, Ketua BUMDes Kembang, ketua kelompok ternak Lembu Suro, serta seluruh anggota kelompok di Kandang Komunal Kelompok. Rapat rutinitas ini membahas secara intens tentang persiapan lomba kelompok ternak mewakili kec. Dukuhseti ke tingkat provinsi.

Kelompok Ternak Lembu Suro merupakan kelompok ternak yang muncul dan terbentuk dari masyarakat dengan keunggulan SDM dari kalangan pemuda yang masih memiliki semangat dan mau tergerak dalam mengembangkan usaha ternak.

Bapak Faiq, PPL Kecamatan Dukuhseti menuturkan pada anggota kelompok untuk merubah pola pikir, berpikir maju, dan tambah semangat untuk kedepannya. Harapannya kelompok ternak ini mampu menjadi komunitas yang mandiri, selalu ada peningkatan baik dari kelembagaan maupun akses usaha. Selain mempunyai pijakan, kelebihan dan kekurangan harus terus digali bahkan sampai ke ranah produksi, pemasaran dan goal kelompok wisata yang bisa dipamerkan.

Bapak Juremi selaku Kades Kembang juga turut memberi motivasi. Dukungan diberikan pada anggota kelompok agar setiap kegiatan yang berlangsung dapat lebih greget dengan partisipasi semua lapisan.

Pemberdayaan kelompok ternak di desa Kembang telah memiliki step-step permulaan yang baik. Bantuan biogas yang baru-baru ini diterima diharapkan mampu dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Ditambah dengan SDM yang berjiwa muda, pemerintah mendukung melalui pengerahan BUMDES menjadi langkah positif kelompok untuk maju kedepannya. 

Dalam rapat rutinitas juga diadakan serah terima lahan kandang komunal lama kepemilik lahan dari kelompok Lembu Suro. Dalam hal ini, KKN Ipmafa Kembang menggandeng BUMDes untuk turut membuatkan kaos seragam Kelompok Ternak Lembu Suro sebagai identitas dan penambah semangat mereka.




No comments :

Post a comment