Inovasi Tanpa Batas, KKN Ipmafa Ajak Warga Kembangkan Produk Tempe Kekinian


KKN Ipmafa  Desa Kembang melakulan inovasi makanan dari tempe dan mengajak warga Kembang mengolah tempe jadi lebih kekinian. Melalui kegiatan RT ibu-ibu di Kembang, yakni RT 6 RW 2 pada (29/7/2019) dilanjut di RT 5 pada (5/8/2019), Tim KKN Ipmafa Desa Kembang mentransfer pengalaman olah tempe menjadi Nugget tempe, tempe crispy, serta rolade tempe with sosis.

Kegiatan yang diadakan dua minggu sekali ini mencoba dimanfaatkan betul oleh Tim KKN Ipmafa Desa Kembang. Berbahan dasar tempe yang mana tempe sebagai makanan khas masyarakat yang kaya akan protein dan terkenal murah, nyatanya dapat disulap menjadi olahan yang lebih kekinian. 

Anak-anak di semua usia mampu menjadi penikmatnya. Tak hanya tampilan yang menarik, olahan ini juga bisa menjadi inovasi dalam memulai bisnis dari skala kecil sampai pada skala yang besar.

Cara pembuatan ketiga olahan tersebut cukup sederhana dan tak perlu mengeluarkan banyak budget (biaya). Meski begitu mampu menarik masyarakat untuk mencoba dirumah masing-masing. Waktu pembuatanya pun singkat sehingga bisa menjadi pilihan bagi masyarakat Kembang yang notabennya para pengrajin bata dan genting, untuk dicoba disela-sela kegiatannya. 

Rasa yang unik dan lezat membuat antusias ibu-ibu yang hadir dalam forum pengajian RT untuk menjadikan olahan ini sebagai inovasi yang bisa dilakukan. Karena inovasi itu tanpa batas, dan tanpa inovasi akan mati. Tak peduli dari hal kecil, seperti tempe jadi olahan yang tak kalah dengan olahan-olahan makanan yang siap saji sekarang ini.



No comments :

Post a Comment