KKN Ipmafa Tanggulangi Pernikahan Anak



“Praktek pernikahan anak di lingkungan kabupaten Pati masih sangat tinggi. Angka pernikahan anak di kabupaten Pati mencapai 60 persen.” Demikian jelas Ibu Umdatul Baroroh MA saat mengisi acara parenting di MTS Sunan Kalijaga, Sabtu, 10 Agustus lalu.

Acara yang bertempat di gedung Muslimat desa Sumur kecamatan Cluwak itu diinsiasi oleh tim KKN IPMAFA bekerjasama dengan MTS Sunan Kalijaga. Acara ini berawal dari adanya observasi mahasiswa yang menemukan banyaknya praktek pernikahan anak di desa ini. Pihak masyarakat juga mengakui hal itu. Terbukti saat parenting, sebagian besar ibu-ibu yang datang mengaku menikah di usia yang masih sangat dini.

Acara diisi oleh dosen IPMAFA sekaligus aktifis perempuan ini, menegaskan bahwa pernikahan di usia anak sangat berbahaya bagi psikologis anak. Selain itu ia juga mengancam jiwa, kesehatan, dan masa depan rumah tangga anak. Banyak sekali kasus kekerasan yang berakhir pada ancaman keselamatan jiwa dan rumah tangga mereka. “Oleh karenanya, semua pihak harus melakukan pencegahan. Salah satu pihak yang harus terlibat dalam pencegahan adalah orang tua”, tegas narasumber. “Karena sebagian besar praktek nikah anak justru diputuskan oleh orang tua”, lanjutnya.

Ibu Umdah, demikian ia biasa disapa, kemudian memberikan beberapa langkah yang penting dilakukan oleh orang tua. “Pertama, sekolahkan anak setinggi-tingginya. Kedua, berikan kebebasan kepada anak untuk mengikuti kegiatan yang sesuai minat dan bakatnya. Ketiga, bekali ilmu agama yang cukup. Keempat, berikan pendidikan seksual yang tepat. Kelima, jangan terima pinangan sebelum anak lulus pendidikan tertingginya.”

Yang terakhir ini menurut narasumber sering menjadi alasan klise orang tua ketika menikahkan anaknya di usia dini. Acara parenting yang digelar bersamaan dengan pertemuan walimurid ini juga merupakan bentuk dari PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) yang dilakukan oleh dosen bersama dengan mahasiswa. Hal itu sesuai dengan tugas tridarma perguruan tinggi, dimana seorang akademisi selain mengajar dan meneliti, juga harus melakukan pengabdian kepada masyarakat. 

No comments :

Post a comment