Mahasiswa KKN Ipmafa Dukuhseti Adakan Pelatihan Merawat Jenazah Untuk Perempuan


Mahasiswa Ipmafa di Desa Dukuhseti Kecamatan Dukuhseti sukses melaksanakan program kerja pelatihan merawat jenazah di Masjid Darussalam Dukuhseti, Rabu (14/08/2019) Pelatihan ini diikuti oleh anggota Muslimat dan Fatayat desa Dukuhseti. 

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan edukasi nyata kepada masyarakat khususnya ibu-ibu Muslimat dan Fatayat betapa pentingnya pengetahuan tentyang perawatan jenazah, terutama untuk jenazah perempuan. Selain itu, kegiatan ini juga diadakan untuk menepis mitos bahwasanya semua pekerjaan kematian hanya diperuntukkan bagi Mudin seorang. Pasalnya selama ini hanya ada tiga mudin laki-laki di desa yang dihuni hampir 10 ribu penduduk tersebut. Sehingga dirasa memberatkan tugas seorang mudin.

Dalam kegiatan ini, KKN Ipmafa desa Dukuhseti bekerjasama dengan Kemenag Pati yang berkaitan dengan pelatihan taj’hiyyul mayyit dan Mudin desa. Kemudian juga bekerjasama dengan ibu Muslimat dan Fatayat desa Dukuhseti. Adapun pemateri adalah K. Saifuddin, S.pd.I selaku perwakilan Kemenag Pati dan Ngalimun, S.pd.I sebagai Mudin desa Dukuhseti.

Pelatihan berlangsung begitu menyenangkan. Masyarakat sangat bersemangat dan antusias ketika mahasiswa menjelaskan akan melakukan pelatihan perawatan jenazah. Bahkan pertanyaan demi pertanyaan terus muncul bergantian sejalan dengan penjelasan materi dalam pelatihan.

Pelatihan ini diharapkan bisa berdampak baik untuk masyarakat desa Dukuhseti ke depannya. "Tujuan kita untuk meningkatkan mutu keagamaan masyarakat agar semakin baik ke depannya. Selain itu, juga untuk mengenalkan bahwa perawatan jenazah itu tidak begitu sulit dan bisa dilakukan oleh siapapun," jelas Ririn, salah satu Mahasiswa KKN Ipmafa dalam pelatihan

No comments :

Post a comment