Tim KKN Ipmafa Selenggarakan Pelatihan Pengelolaan Simpan-Pinjam Dana Bumdes



Gerit, Pati - Mahasiswa KKN Institut Pesantren Mathali’ul Falah ( IPMAFA ) desa Gerit menggarap sektor ekonomi dengan menyelenggarakan Pelatihan Pengelolaan Lembaga Simpan Pinjam. Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari di Balai dusun Gerit, Sabtu 27/07/19 dan 03/08/2019. 
Kegiatan ini menjadi program unggulan mahasiswa KKN Gerit dalam bidang ekonomi untuk membekali masyarakat dalam pengelolaan lembaga simpan-pinjam. Tim KKN mengundang M Sidiq. seoran ahli perbankan, sebagai narasumber dalam pelatihan Pengelolaan Lembaga Simpan Pinjam. 
Kegiatan yang mengangkat tema "Pengelolaan Lembaga Simpan Pinjam dan Pengelolaan Simpanan” ini diikuti oleh 10 orang meliputi pegawai Bumdes, perangkat desa, dan Ibu PKK di bidang keuangan di desa Gerit.
Sidiq menyampaikan tentang pentingnya manajemen keuangan dan bagaimana pola manajemen lembaga simpan pinjam. Dalam lembaga keuangan dan lembaga simpan pinjam harus ada dana liquid yang disiapkan untuk mengantisipasi penarikan. 
”Manajemen kontrol dalam lembaga simpan pinjam, baik simpanan maupun pinjaman harus memiliki slip masing-masing 90% uang beredar dan 10% dana cadangan untuk mengantisipasi penarikan yang mendadak harus ada uang cadangan ( likuiditas )”. tuturnya.


No comments :

Post a comment