Tingkatkan Pelayanan, Pemerintah Desa Bersama KKN Ipmafa Gelar Pelatihan Mengelola Website

Berita Ipmafa – Guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, baru-baru ini (18/8) Pemerintah Desa Medani Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati bekerja sama dengan Tim KKN Ipmafa menggelar Pelatihan Sukses Mengelola Website Desa di Era Milenial.
Pelatihan tersebut dilakukan mengingat majunya sebuah negara tidak mungkin lepas dari peran masing-masing unit terkecil di dalamnya, desa. Maka demi memajukan sebuah desa di zaman yang gandrung teknologi ini pun mau tidak mau desa harus menyesuaikan diri.
Sebagaimana dilansir patinews.com, Desa memiliki peran sangat penting guna mendorong masyarakatnya untuk tidak bosan berinovasi baik dari sisi ekonomi, pemberdayaan masyarakat dan lingkungan, hingga teknologi yang digunakan untuk mempermudah kehidupan masyarakat desa.
Salah satu mahasiswa KKN IPMAFA Ali Yusuf menuturkan, Website Desa dimanfaatkan untuk meningkatkan Pelayanan Publik dan Manajemen Informasi Desa. Sifat website yang daring (online) memudahkan masyarakat mengakses berbagai informasi termasuk desnaya.
Dalam pelatihan tersebut KKN Ipmafa mengahdirkan narasumber dari Patinews.com, Yusuf Sukandar. Yusuf memaparkan tentang pengelolan website, dari seting awal pembuatan, penggantian tema, penulisan artikel dan juga cara membagikan artikel ke social media.
Platform website yang digunakan adalah CMS (Content Management System) berbasis WordPress. Menurutnya platform tersebut paling banyak digunakan di seluruh dunia karena memudahkan para pengguna dengan kelengkapan fitur yang disediakan tanpa harus repot-repot berurusan dengan koding dalam bahasa pemrograman.
“Adanya platform pembuatan website seperti WordPress, kini dengan mudah kita dapat membuat website dengan fitur lengkap tanpa harus menguasai koding pemrograman. Hanya perlu sekali klik instalasi, masukkan nama, deskripsi website, dan pilih template, website sudah dapat digunakan dan diakses melalui internet,” paparnya.
Lebih dari itu, Yusuf mengharapkan keaktifan pemerintah desa dalam memanfaatkan media sosial. Hal itu perlu dilakukan mengingat pengaruhnya sangat signifikan dalam memaksimalkan fungsi website.
“Ibarat website adalah Rumah, maka media sosial adalah pintunya. Tiap tulisan berupa artikel/berita harus dibagikan ke media sosial. Medsos yang paling berpengaruh adalah, FB, WA Status/Grup, IG, dan twitter. Medsos penting guna meningkatkan pengunjung ke website kita. Website berfungsi sebagai media rujukan dan media sosial sebagai marketing channelnya. Sederhananya, medsos adalah jembatan yang mengarahkan orang-orang untuk mengunjungi website yang dijalankan,” pungkas Yusuf.



Sumber: Berita ini diadaptasi dari https://www.patinews.com/tim-kkn-ipmafa-desa-medani-adakan-pelatihan-sukses-mengelola-website-desa-di-era-milenial/amp/

No comments :

Post a Comment