Emak-Emak di Pati Ini Siap Jadikan Bakso Nila Jadi Oleh-Oleh Wisata Mangrove



MURIANEWS, Pati – Desa Tunggulsari, Kecamatan Tayu, Pati, selama ini dikenal dengan desa penghasil ikan nila terbesar. Jenis ikan nilanya pun berbeda dari yang lain yakni nila salin yang merupakan perpaduan nila air tawar dan air asin. 

Namun, produk olahan dari ikan nila ini hampir belum ada. Rata-rata warga hanya menjual ikan dalam bentuk mentah dan kemudian digoreng atau dibakar untuk dikonsumsi. Sebuah sajian yang sudah biasa. 

Karena itu, para ibu rumah tangga yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) Mekar Sari pun mulai berinovasi. Agar tidak hanya sekadar berupa ikan, nila pun kemudian dibuat olahan menjadi bakso siap saji.

Ketua KWT Mekar Sari, Sri Darmini mengatakan, mulanya inovasi bakso ikan nila itu karena di desanya tersebut merupakan sentra perikanan nila. Sehingga, untuk bahan baku akan lebih mudah mendapatkan. 

Dia menceritakan, bakso ikan nila tersebut adalah inovasi tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari IPMAFA Pati. Saat itu, mereka melihat ada potensi ikan nila yang begitu besar, tetapi minim olahan. Sehinga mereka menunjukan cara untuk membuat olahan bakso nila. “Kami sangat tertarik, karena sebelumnya kami tidak kepikiran untuk membuat bakso ikan nila. 

Setelah mengetahui rasanya, ternyata gurih. Bahan baku juga sangat mudah,” katanya, Senin (13/9/2021). Untuk olahan bakso ikan nila tersebut, rencananya akan dijadikan oleh-oleh khas Tunggulsari. Sebab, di desa tersebut juga terdapat objek wisata mangrove yang dikunjungi banyak orang. 

“Rencananya seperti itu. Kami masih terus belajar, memproduksi dan mengenalkan kepada masyarakat. Olahan bakso ikan nila ini semoga bisa menggugah para konsumen,” harapnya. Sementara Tim KKN Chikara IPMAFA Pati Iis Kristyawati mengatakan, mulanya mempunyai ide untuk membuat bakso ikan nila tersebut lantaran banyaknya potensi di Tunggulsari. 

Sebagai sentra perikanan nila, tentunya harus bisa dimanfaatkan menjadi produk yang siap saji, seperti bakso. “Kebetulan bakso nila belum ada di Pati yang ada adalah bakso bandeng. Karena itu, saya kepikiran untuk membuat bakso nila ini,” terangnya.


Baca selengkapnya di : https://www.murianews.com/2021/09/13/239607/emak-emak-di-pati-ini-siap-jadikan-bakso-nila-jadi-oleh-oleh-wisata-mangrove.html

Tidak ada komentar :

Posting Komentar