KKN Gemilang IPMAFA Edukasi Warga Manfaatkan Limbah Dapur Jadi POC

 

Redaksi IPMAFA, Jepara - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Pesantren Mathali’ul Falah (IPMAFA) yang bertugas di Desa Bumiharjo Kecamatan Keling Kabupten Jepara membekali warga setempat untuk memanfaatkan limbah dapur menjadi Pupuk Organik Cair (POC), Selasa (05/09/23).

Narasumber Siswanto, M.A menjelaskan bahwa membuat POC sangatlah mudah memanfaat bahan-bahan di sekitar dan hampir semuanya gratis alias tidak perlu membeli.

Narasumber yang sekaligus Dosen Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) IPMAFA itu merinci bahan dan alur pembuatan POC dimulai dengan menyiapkan medianya, mulai blung atau ember, limbah dapur, leri, sisa buah-buahan, sayur-mayur, dedaunan, tetes tebu, dan EM4.

Apabila medianya sudah terpenuhi, maka langkah selanjutnya adalah menaruh jenis limbah dapur tersebut pada blung yang sudah disiapkan. Baru setelah itu dikasih air secukupnya, em4, tetes tebu. Semuanya diaduk rata untuk mempercepat proses fermentasi.

“Setelah melalui beberapa proses itu, blung atau ember dipastikan ditutup rapat. Setelah itu setiap dua hari sekali dipantau dan dicek, guna mengetahui sejauhmana proses ferementasi tersebut bereaksi,” tandasnya.

Siswanto menuturkan, proses fermentasi memakan waktu paling cepat dua minggu, baru hasilnya bisa dimanfaatkan untuk menyirami tanaman di sekitar perkarangan rumah warga.

Penanggungjawab kegiatan Ismatul Saidah berharap setelah diadakan praktik pembuatan POC tersebut, peserta kegiatan mampu membuat POC secara mandiri.

Saidah juga berharap kedepan limbah dapur yang ada di masing-masing rumah warga tak lagi dibuang di drainase maupun sungai, tapi dimanfaatkan untuk menjadi POC.

Kegiatan Praktik Pembuatan POC ini dihadiri warga setempat, gabungan kelompok tani (Gapoktan), Ibu-ibu PKK, Babinsa dan segenap mahasiswa KKN IPMAFA Desa Bumiharjo Keling Jepara. (Siswanto/Uha-01)

Posting Komentar

0 Komentar