Pesan-Pesan Warek I IPMAFA Pada Mahasiswa KKN 2019


KKN IPMAFA tahun 2019 akan tidak lama lagi diselenggarakan di dua wilayah yaitu Kecamatan Cluwak dan Dukuhseti Kabupaten Pati. Pelepasan KKN dilakukan pada tanggal 22 Juli 2019 dan diikuti oleh 206 mahasiswa dari berbagai program studi di IPMAFA.

Untuk itu, mahasiswa diberi pembekalan KKN secara intensif selama dua hari penuh (1-2 Juli 2019). Pembekalan tersebut agar mahasiswa peserta KKN memiliki kesiapan secara mental ketika nanti terjun di desa KKN. Kegiatan KKN berbeda dengan kegiatan perkuliahan biasa karena pembejalaran di KKN berkaitan dengan kondisi sosial masyarakat di lapangan.

Wakil Rektor 1 bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Dr A Dimyati menyampaikan bahwa kegiatan KKN harus dilakukan secara terstruktur, sistematis, dan kontributif. KKN merupakan bagian dari struktur kurikulum IPMAFA yang harus dilalui oleh mahasiswa dalam konteks pengabdian masyarakat. Selain itu, program KKN harus terukur dan berkelanjutan agar setelah kegiatan KKN selesai, program tersebut dapat berlanjut sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat.

Dalam tiap kelompok KKN terdiri dari mahasiswa dengan berbagai program studi yang berbeda-beda. Hal itu agar masing-masing mahasiswa dapat saling mengisi sesuai keahlian dan kemampuan yang dimiliki. Kesuksusesan KKN tidak bergantung pada kecerdasan individu melainkan dari kerjasama tim yang saling bersinergi.

No comments :

Post a comment